Minggu, 25 September 2011

Berbahasa Indonesia

Tugas

1. Pentingnya penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari!

2. Benarkah bahasa mempengaruhi hidup manusia !


Penjelasan
1. Sebelum saya menjawab pertanyaan diatas ada baiknya saya menjelaskan sejarah serta hikayat berbahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.
Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau (wilayah Kepulauan Riau sekarang) dari abad ke-19. Dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20. Penamaan "Bahasa Indonesia" diawali sejak dicanangkannya Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, untuk menghindari kesan "imperialisme bahasa" apabila nama bahasa Melayu tetap digunakan. Proses ini menyebabkan berbedanya Bahasa Indonesia saat ini dari varian bahasa Melayu yang digunakan di Riau maupun Semenanjung Malaya. Hingga saat ini, Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing. Fonologi dan tata bahasa Bahasa Indonesia dianggap relatif mudah.
Menjawab pertanyaan diatas menurut saya jika ada pertanyaan apakah penting penggunaan bahasa Indonesia dlam kehidupan sehari-hari? jawabannya sangat penting. Ada beberapa alasan yang mendasari jawaban saya .
Pertama bahasa Indonesia digunakan sebagai salah satu alat untuk mempersatukan tiap-tiap suku yang ada, karena di Indonesia terdapat banyak sekali suku dimana tiap suku memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda.. Dalam kehidupan sehari-hari mulai dari interaksi intrapersonal, interpersonal, maupun yang meluas pada kehidupan berbangsa dan bertanah air, bahasa memegang peran utama. Peran tersebut meliputi bagaimana proses mulai dari tingkat individu hingga suatu masyarakat yang luas memahami diri dan lingkungannya. Sehingga pada saat inilah fungsi bahasa secara umum, yaitu sebagai alat untuk berekspresi, berkomunikasi, dan alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial, memberikan perannya.
Kedua Kita harus menghargai jasa pahlawan yang menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Negara Indonesia yang tercantum dalam sumpah pemuda alinea ketiga yaitu
“Kami, putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”
Ketiga Bahasa merupakan salah satu faktor pendukung kemajuan suatu bangsa karena bahasa merupakan sarana untuk membuka wawasan bangsa (khususnya pelajar dan mahasiswa) terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang. Dengan kata lain, bahasa merupakan sarana untuk menyerap dan mengembangkan pengetahuan. Pada umumnya, negara maju mempunyai struktur bahasa yang sudah modern dan mantap.

2. Menurut saya bahasa sangat mempengaruhi hidup manusia. Hampir dalam semua kegiatan, manusia memerlukan bantuan bahasa. Baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan khusus seperti kesenian dan ilmu pasti, bahasa merupakan sarana yang tidak dapat ditinggalkan. Dalam kehidupan sehari-hari di rumah, di pasar, di sekolah bahasa selalu dpergunakan orang.

Karena bahasa demikian pentingnya dalam kehidupan manusia, tidaklah mengherankan apabila banyak perhatian yang dicurahkan pada masalah yang berhubungan dengan bahasa.

Pernah terpikirkan bagaimana jika manusia hidup tanpa bahasa?. yang akan terjadi adalah kehidupan akan lebih sulit karena tidak ada komunikasi antara manusia. Pada zaman dulu manusia purba, mereka pun sudah berinteraksi dengan bahasa yang mereka mengerti sendiri.

Kesimpulan dari tulisan saya ini adalah Bahasa umumnya sangat penting dalam berkomunikasi antar manusia, tetapi kita harus mengikuti EYD terutama dalam penggunaan bahasa Indonesia. Kita juga harus tahu kalau bahasa itu sendiri dapat mempengaruhi kehidupan manusia dan pentingnya bahasa itu sendiri bagi manusia dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, karena kita harus mengetahui hal di atas agar terjadi komunikasi yang baik dan tidak terjadi kesalah pahaman.