Selasa, 22 November 2011

Melanjutkan Alinea

1. Sastra daerah sangat erat hubungannnya dengan sastra nasional. Maka, suatu karya sastra tidak dapat dilepaskan dari habitat yang melahirkannya. Jika membahas tentang sastra nasional sangatlah dekat hubungannya dengan sejarah. Maka dari itu sering sekali orang-orang melupakan apa itu sastra nasional. Kurangnya upaya dari pemerintah menjadi salah satu faktor yang membuat sastra nasional menghilang.


2. Menolong adalah kewajiban bagi setiap manusia. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali masyarakat disekitar kita membutuhkan bantuan kita. Kecendrungan masyarakat saat melihat orang kesusahan mereka hanya menonton atau diam melihatnya. Barulah saat dimintai tolong mereka baru bergerak.Seharusnya, masyarakt bisa bergerak menoong tanpa dimintai tolong. Dalam hal ini seharusnya mereka dapat memahami adanya sesama manusia dan prinsip kemanusiaan, membuat kita melhat aspek fundamental lain, bahwa menusia ini makhluk sosial.


3. Guru yang terbaik memang adalah pengalaman kita sendiri. Tetapi, adakalnya saat kita berusaha terus-menerus belum terlihat juga hasil yang kita inginkan. Pada saat level inilah kita harus bangkit dan jangan putus asa. membuka diri dan menerima masukan dari orang lain menjadi salah satu cara yang dapat kita lakukan. terkadang hal seperti itu sering dilupakan oleh kita sebagai manusia. Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman” orang lain.


4. Ada saatnya cinta kasih yang sejati meminta korban. Apa yang sudah kita lakukan kepada orang yang kita cintai tidak memunculkan balasan yang setimpal. Mengorbankan waktu, tenaga dan materi sudah menjadi makanan sehari-hari. Memang seharusnya mencintai seseorang tidak harus dengan sepenuh hati. jika bisa dikadarkan sebaiknya 50% cinta dan 50% lagi benci.


5. Pada zaman seperti sekarang memang harga-harga barang sudah diluar nalar lagi. Tetapi, itu tidak berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Masyarakat yang semakin konsumtif bisa membuat kewalahan produsen barang yang menjadi idola pada zaman sekarang. Contohnya saja seseorang dapat memiliki Hp lebih dari satu. Apa yang mungkin terjadi jika suatu perusahaan Hp sudah tidak mampu lagi memenuhi permintaan konsumennya?. yang pasti tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat menyebabkan tingkat kemakmuran menjadi berkurang.