Lingo adalah bahasa pemrograman Director yang berguna untuk menciptakan interaksi antara pemakai dengan movie yang istilah populernya disebut movie interaktif. Dengan Lingo Kita dapat mengontrol movie agar memberikan respon dari suatu kondisi dan kejadian tertentu. Sebagai contoh, Lingo dapat membuat tombol navigasi untuk berpindah antar halaman presentasi atau movie dengan mudah, menggerakkan objek, mengontrol volume suara, dan masih banyak lagi.
Saat ini Director dan Lingo mulai banyak digunakan untuk keperluan multimedia interaktif seperti membuat CD Pembelajaran, Tutorial, game, presentasi produk, company profile sampai CD menu interaktif yang ada dalam bonus majalah dan buku komputer.
1. Mengenal Tipe Script Lingo
Script Lingo terbagi menjadi 4 tipe, yaitu behavior script, movie script, parent script, dan yang terakhir adalah cast member script. Behavior, movie, dan parent script akan tampil sebagai cast member yang ada di dalam Cast window. Berikut penjelasan singkat mengenai tipe script yang baru disebutkan di atas.
Behavior script adalah script yang ditulis untuk mengontrol properties dan gerakan sprite. Tipe script ini memudahkan pemrograman yang berorientasi pada objek atau lebih dikenal dengan istilah OOP (Objectoriented programming).
Movie script adalah script yang tidak ditulis untuk sprite melainkan untuk mengontrol movie. Tipe script ini dapat digunakan untuk mengontrol berbagai aspek pads movie, khususnya ketika mulai dan akhir dari sebuah movie. Tipe script ini juga dapat disesuaikan dengan script lain untuk penggunaan handle pada instance.
Parent script adalah script yang digunakan untuk membuat atau melahirkan sebuah objek ke dalam Global Uariabel dengan perintah °new". Objek-objek ini nantinya dapat mengontrol sprite dan media kontrol lainnya tanpa dihubungkan langsung dengan sprite menggunakan script atau bahkan dapat digunakan untuk mengontrol data atau objek yang tidak terlihat. Untuk Behavior, Movie, dan Parent script, cast member script akan berdiri sendiri.
Cast member script adalah script yang ditulis secara langsung pada cast member di dalam Cast window tanpa membuat cast member baru seperti tipe script lainnya. Ketika cast member ditempatkan pada stage dan berubah menjadi sprite, scat itu pula script yang ada pada cast memberdiaktilkan. Cast member yang diberi script akan menampilkan ikon script di pojok kiri bawah thumbnail cast member.
2. Menggunakan Script Dasar
2.1 go the frame/ go to the frame
Script go the frame berguna untuk melakukan looping pada frame yang dilewati playback head. Sebagai contoh, berikut ini Kita akan menggunakan he ri pt go the frame untuk melakukan looping pada frame gambar, playback head tidak akan berjalan ke frame berikutnya yang berisi movie flash sebelum diberi perintah untuk melanjutkan. Script go the frame sama dengan go to the frame.
Contoh :
On exitFrame me
go the frame
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada saat head sampai pada frame yang diberi script, maka head tidak akan bergerak lagi, atau menetap pada frame tersebut.
2.2 go
Script go berguna untuk menuju ke frame yang telah ditentukan. Playback head akan berpindah ke suatu frame lalu memainkan movie hingga batas frame yang telah ditentukan.
Contoh :
On mouseUp me
go 11
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada mouse diklik, maka head akan pergi ke frame 11.
2.3 pause
Script pause berguna amok menghentikan sejenak playback head atau movie yang sedang dimainkan. Sebagai contoh, berikut ini Kita akan membuat tombol pause yang akan diberi script pause agar movie dapat dihentikan sejenak.
Contoh :
On mouseUp me
pause
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada mouse diklik, maka head akan berhenti sementara pada frame tempat script.
2.4 continue
Script continue berguna untuk melanjutkan pemutaran movie yang dihentikan sejenak. Sebagai contoh, berikut ini Kita akan membuat tombol continue yang akan diberi script continue.
Contoh :
On mouseUp me
continue
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada mouse diklik, maka head akan bergerak kembali ke frame berikutnya.
3. Menggunakan Frame Label
Frame label akan mempermudah Kita untuk menuju ke frame tertentu yang telah diberi tanda atau nama frame. Jika sebelumnya Kita menggunakan nomor frame misalnya 1,3 atau 8, kali ini dengan frame label Kita harus memasukkan nama frame yang telah diberi script go.
Untuk movie dengan jumlah sprite yang banyak dan terpisah, penggunaan frame label jauh lebih efisien dan mudah tanpa harus mencari nomor frame di many animasi sprite dimulai. Sebagai contoh, berikut ini Kita akan menggunakan frame label untuk berpindah antar frame pada movie slide show.
Contoh :
On mouseUp me
go to frame (“BAB I”)
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada mouse diklik, maka head akan melompat ke frame dengan label “BAB I”.
4. Script untuk Berpindah Antar Frame Label
4.1 go next
Script go next berguna untuk maju ke frame label berikutnya. Sebagai contoh, berikut ini Andy akan membuat tombol Next yang diberi script go next agar Kita dapat maju ke frame label berikutnya satu per satu.
Contoh :
On mouseUp me
go next
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada mouse diklik, maka head akan bergeak ke frame label berikutnya.
4.2 go previous
Script go previous berguna amok mundur ke frame label berikutnya. Sebagai contoh, berikut ini Kita akan membuat tombol Previous yang diberi script go previous agar Kita dapat mundur ke frame label sebelumnya sate persatu.
Contoh :
On mouseUp me
Go previous
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada mouse diklik, maka head akan kembali pada frame sebelumya.
5. Script go loop
Script go loop berguna untuk melakukan looping atau memutar ulang movie dari frame awal. Script ini biasanya ditulis pada channel script.
Contoh :
On exitFrame me
Go loop
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada saat keluar dari frame lokasi script ditempatkan, maka movie akan diulang kembali dari awal secara terus menerus.
6. ScriptAlert
Script Alert berguna untuk membuat komentar berupa teks yang akan ditampilkan dalam kotak dialog. Script ini biasanya ditulis pada sprite langsung atau channel script.
Contoh :
On exitFrame me
Alert “Maaf..!Movie akan diputar ulang”
End
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada saat keluar dari frame lokasi script ditempatkan, maka akan muncul peringatan.
7. Script beep
Script beep berguna untuk mengeluarkan suara beep pada komputer.
Contoh :
On mouseuP me
Beep
Go 12
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada saat mouse diklik, maka keluar bunyi “beep”, kemudian dilanjutkan ke frame 12.
8. Script puppetSound
Script puppetSound berguna untuk memainkan suara atau cast member suara yang ada di Cast window.
Contoh :
On mouseEnter me
puppetSound “drip
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada saat mouse berada di atas objek, maka keluar bunyi suara file dengan nama “drip”..
9. Script quit
Script quit berguna untuk mengakhiri dan menutup tampilan movie. Apabila movie dalam format projector (exe) maka movie akan ditutup dan kembali ke windows desktop.
Contoh :
On mouseUp me
Quit
end
Maksud instruksi tersebut di atas adalah, bahwa pada saat mouse diklik, maka kita akan keluar dari aplikasi multimedia.
10. Script System
10.1 Membuat Tanggal
Kita dapat menambahkan sistem tanggal pada movie atau aplikasi Director yang diambil dari sistem operasi komputer Kita. Script yang diperlukan adalah sebagai berikut :
member ("nama cast member").text = system.date ()
10.2 Membuat Jam
Selain sistem tanggal Andes juga dapat menambahkan sistem jam pada movie atau aplikasi Director. Script yang diperlukan adalah sebagai berikut :
member ("names cast member".text = system.time ()
10.3 Membuat Jam dan Tanggal dengan Format Lengkap
Jika sebelumnya Kita membuat tanggal dan jam dengan format standar, kali ini ada cara dan script khusus untuk membuat jam dan tanggal dengan format yang lebih lengkap seperti gambar di bawah ini :
sumber:http://qkerz21.blogspot.com