Rabu, 13 Oktober 2010

Tugas ke 2

TEORI ORGANISASI UMUM

Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa Yunani yang berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sehingga dapat saya simpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.

Dan pada prinsipnya setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :

a. Orang-orang (sekumpulan orang),

b. Kerjasama,

c. Tujuan yang ingin dicapai,

saya bergabung dalam organisasi karang taruna, jadi syarat untuk menjadi di dalam organisasi adalah syarat untuk menjadi anggota dari organisasi itu syarat pertama adalah harus menjadi bagian dari RT(Rukun Tetangga) di daerah saya.selain itu juga harus aktif dalam bersosialisasi. Dimana biasanya kegiatan tersebut dilakukan di lingkungan tempat tinggal saya mengapa dibentuk organisasi tersebut?. ada beberapa aspek mengapa organisasi itu dibentuk pertama adalah untuk mengaktifkan kinerja RT dilingkungan sekitar .

Kedua untuk membantu kinerja staff RT selain itu juga untuk memupuk rasa persaudaraan antar anggota. Organisasi ini biasanya mulai bertugas pada saat hari kemerdekaan republik indonesia. didalam acara tersebut biasanya bagaimana mempersiapkan kegiatan menyambut hari kemerdekaan. kegiatan yang dilakukan seperti mempersiapkan malam renungan yaitu mengadakan syukuran saat malam 17 agustus. seperti mempersiapkan makanan menjadi paduan suara dan lain-lain

Organisasi ini biasa diikuti oleh para remaja disekitar lingkungan RT. biasanya mereka dikoordinir oleh ketua untuk berkumpul atau rapat jauh sebelum hari kemerdekaan. daam rapat biasanya yang pertama adalah membentuk suatu struktur anggota. pertama adalah memilih ketua dan wakil ketua. Selanjutnya, bendahara dan sekertaris. selain itu juga ada pembagian seksi-seksi pekerja.

seksi-seksi itu diantaranya seksi peralatan, konsumsi, transportasi, dokumentasi, dan humas.Selain itu semua karang taruna ini bekerja dibawah satu naungan yaitu ketua RT atau bisa kita sebut sebagai pembina. masing-masing seksi ini mempunyai tugasnya masing-masing diantaranya sebagai berikut:
ketua : tugasnya adalah menempatkan anggotanya menduduki sebuah jabatan diatas serta mengawasi pekerjaan

pembina : seseorang yang bertanggungjawab pada semua kegiatan yang dilakukan karangtaruna

bendahara : tugasnya memegang dana serta mengatur dana yang akan di pakai dalam kegiatan tersebut

sekretaris : tugasnya mencatat semua yang penting dalam rapat,dan menggunakan catatannya pada hari H nya

wakil ketua : membantu ketua untuk pengamblan keputusan.

seksi peralatan: mempersiapkan peralatan yang akan dipakai saat lomba.

seksi konsumsi: menyiapkan makanan yang akan dimakan saat siang

seksi transportasi : menyiapkan kendaraan untuk berpergian

seksi dokumentasi : untuk mendokumentasikan semua kegiatan

humas: mengkordinasikan semua peserta atau membuka pendaftaran


ini adalah struktur organisasi sederhana yang saya bentuk

bendahara ketua penanggung jawab

sekretaris wakil ketua

seksi seksi seksi seksi humas
peralatan konsumsi dokumentasi transportasi

Demikianlah cerita pendek mengenai pengalaman saya dalam berorganisasi di lingkungan masyarakat bagaimana dalam bersosialisasi sehari-hari dan masih banyak lagi.
mohn maaf atas kata atau kalimat yang kurang berkenan dalam cerita saya manusia itu tidak luput dari salah