Jumat, 02 Maret 2012

Lebih Baik OlahRaga Pagi, Sore atau Malam Hari??????

Beberapa alasan mengapa orang sering berolahraga pada pagi hari daripada sore atau malam hari. Setiap bangun pagi dengan tidur yang cukup suasana hari belum terkontaminasi oleh aktivitas lain sehigga tubuh merasa bugar dalam berolahraga. Selain itu kondisi udara juga yang masih sejuk karena belum terkontaminasi polusi-polusi dari kendaraan bermotor.
Coba Sobat Bandingkan Perbedaan dengan olahraga di sore atau malam hari. Aktivitas siang hari sampai dengan sore harinya nya dapat mempengaruhi kita dalam berolahraga. Banyak beban fikiran yang kita terima dan juga rasa lelah dalam beraktivitas yang membuat badan terasa kurang bersemangat untuk berolahraga. Hal ini menyebabkan kita tidak konsisten dalam berolahraga. Kenapa tidak konsiaten ? olahraga sore atau malam hari di lakukan bila ada waktu luang sesudah melakukan aktivitas sebelumnya. Jika aktivitas sebelumnya terlalu padat bukan tidak munkin kesempatan untuk berolahraga akan hilang karena waktu yang tersita. ini lah yang membuat kita tidak konsisten dalam berolahraga. Kita tahu olaharaga sangatlah penting dan harus di lakukan secara rutin untuk menjaga kondisi tubuh.


ternyata olahraga siang atau malam hari banyak mengalami kegagalan karena banyak sekali faktor-faktor yang menggagalkan jam olahraga itu sendiri yaitu : jam kerja yang padat, merasa kantuk, panas matahri dan berbagai macam alasan yang membuat kita tidak sempat untuk berolahraga.


Berikut ini saya mempunyai kutipan dari berbagai sumber yang saya peroleh menagapa olahraga pagi lebih baik daripada olahraga siang atau malam hari :



1. Membantu orang lebih konsisten
Umumnya sedikit gangguan yang muncul di pagi hari sehingga kegiatan ini jarang mendapatkan halangan, dibandingkan jika seseorang berolahraga sore hari atau selepas pulang kerja. Selain itu umumnya orang sudah merasa lelah bekerja sehingga kecenderungan untuk absen berolahraga lebih besar.
2. Mendapatkan lebih banyak energi
Olahraga di pagi hari akan meningkatkan suasana hati (mood) dan energi selama berjam-jam setelahnya. Kondisi ini membantu orang lebih siap menghadapi tantangan kerja atau apa pun yang dihadapi di siang hari. Jika berolahraga di malam hari akan membuat suhu tubuh meningkat dan bisa mengganggu waktu tidur.
3. Membakar kalori lebih baik
Setelah berolahraga tubuh akan tetap membakar kalori pada tingkat yang lebih tinggi karena masih melakukan aktivitas fisik lainnya. Saat bekerja, tubuh akan menggunakan energi lebih efisien dan merampingkan massa otot.
4. Lebih sepi saat ke pusat kebugaran
Umumnya orang pergi ke pusat kebugaran saat sore atau malam hari sehingga akan lebih banyak orang yang kadang membuat seseorang harus mengantri untuk menggunakan alat olahraga. Tapi jika di pagi hari, maka tak perlu menunggu jika ingin menggunakan alat dan olahraga yang dilakuakn akan lebih efektif.
5. Olahraga di pagi hari dapat menenangkan hati dan pikiran
Salah satu olahraga di pagi hari, kita bisa ambil contoh yaitu jogging. Mengisi pagi hari dengan berlalri-lari kecil mengitari lingkungan rumah dapat membuat hati dan pikiran anda serasa tenang dan sejuk. ini di karenakan suasana kondisi alam yang masih segar yang membuat beban pikiran serasa lepas dan hati pun serasa nyaman dan tentram. Di tambah embun dan kabut mentupi separuh jalun. saat inilah kondisi lingkungan yang kita ingingkan untuk berolahraga karena belum tercemar oleh polusi.
6. Sebagai awal untuk beraktivas
Oalahraga di pagi hari membuat badan terasa fit dan bugar untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas yang akan di jalani di siang harinya. Sehingga badan siap menerima kondisi apapun untuk beraktivitas.