Kamis, 07 Juni 2012

Sejarah Turnamen Euro

Demam sepak bola nampaknya dirasakan oleh para kawan remaja yang gila bola nih. Apalagi tinggal menghitung hari kita semua akan disuguhkan oleh perhelatan sepakbola akbar dari negara-negara Eropa. Yeah! apalagi kalau bukan “Euro Cup 2012”! Emm.. by the way, kawan remaja yang gila bola sudah tahu belum sejarah seputar Euro Cup? Jangan khawatir deh bagi kalian yang belum tahu, karena dengan senang hati Ekspresi Suara Remaja akan bercerita sedikit tentang sejarah Euro Cup.

Awalnya bermula dari ide sederhana Sekretaris Federasi Sepakbola Prancis (FFF) yang bernama Henri Delaunay nih kawan pada tahun 1927. Kala itu, Delaunay ingin sekali memperbanyak warna pertandingan antar negara-negara di Eropa dengan menggelar kejuaraan antar negara di Eropa. Namun sangat disayangkan karena ide tersebut nggak di konfirmasi oleh UEFA (persatuan sepak bola Eropa). UEFA malah menggelar kompetisi antar klub Eropa yang sering disebut dengan Piala Champions mulai tahun 1954. Yahh!

Hal tersebut membuat Delaunay kecewa, sontak dia jatuh sakit dan meninggal dunia pada November 1955. Setelah meninggalnya sesepuh sepak bola itu, tepat di kongres UEFA pada tahun 1957, mereka baru mengkonfirmasi ide lawas Delaunay itu. Horeee! Sebagai bentuk penghormatan kepada Delaunay pun UEFA memilih Perancis sebagai tuan rumah pertama diselenggarakannya Piala Eropa ini pada tahun 1960. Di Piala Eropa pertama ini, Negara Uni Soviet yang kini berubah menjadi Rusia keluar sebagai pemenangnya setelah mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-1. Nice!

Kemudian setelah itu, baru UEFA menyelenggarakan turnament ini selama empat tahun sekali. Karena itulah turnamen ini menjadi turnamen yang bergengsi dan paling ditunggu-tunggu oleh para footballafers diseluruh penjuru dunia. Wow! Tentunya kalau dilihat dari awal digelar, pasti sudah banyak negara yang merasakan jadi tuan rumah di turnament tersebut dong. Adapun negara-negara Eropa yang menjadi tuan rumah di turnament ini. Diantaranya ada Spanyol (1964), Italia (1968). Di tahun ini perkembangan Piala Eropa mulai terlihat. Hal itu dibuktikan dari banyaknya negara-negara di Eropa yang join di turnament tersebut sebanyak 31 tim. Turnamen berikutnya Piala Eropa di adakan di Belgia (1972), Yugoslavia (1976), Italia (1980), Perancis (1984), Jerman Barat (1988). Di sini juga ada hal yang mengagumkan yang terjadi. Dimana saat final antara Belanda dan Uni Soviet, Marco Van Basten mampu mencetak gol spektakuler melalui tendangan volinya dari sisi sayap kanan dan melesat ke gawang melewati penjaga gawang. Incredible! Berikutnya beralih ke Swedia (1992), Inggris (1996), Belanda dan Jerman (2000). Di tahun ini adalah pertama kalinya UEFA menyelenggarakan Piala Eropa dengan tuan rumah dua negara sekaligus loh kawan. Kemudian empat tahun berikutnya di adakan di Portugal (2004), Austria dan Swiss (2008).

Ditahun 2012 ini Polandia dan Ukraina akan kebagian merasakan sibuknya menjadi tuan rumah Piala Eropa ini nih. Tepatnya pada tanggal 8 Juni nanti hingga 1 Juli mendatang Piala Eropa akan segera bisa di nikmati oleh para penggila bola di seluruh penjuru negara di dunia.